Hari ibu 22 Desember, kenapa?

kenapa 22 desember hari ibu?

kita semua tau suatu hal yang sangat umum jika 22 desember adalah hari ibu, namun banyak diantara kita belum paham betul kenapa hari ibu tepat pada 22 desember bukan 22 januari atau tagal dan bulan yang lain, untuk menjawab pertanyaan itu mari kita simak dahulu

sejarah hari ibu

Hari Ibu berawal dari bertemunya para pejuang wanita yang menggelar Konggres Perempuan Indonesia I pada 22-25 Desember 1928 di Jogjakarta. lebih dari  30 organisasi perempuan dari 12 kota di Pulau Jawa dan Sumatera hadir dalam kongres tersebut.


Salah satu hasil kongres adalah membentuk Kongres Perempuan yang kini dikenal sebagai Kongres Wanita Indonesia (Kowani).yang bertujuan memperjuankan kebaikan perempuan dan bertujuan indonesia merdeka.
Pada 1938, ketika Kongres Perempuan Indonesia III digelar ditetapkanlah 22 Desember sebagai Hari Ibu. Setelah Indonesia merdeka, melalui Dekrit Presiden No. 316 tahun 1959, Presiden Soekarno menetapkan 22 Desember sebagai Hari Ibu dan dirayakan secara nasional hingga sekarang.
Apakah negara-negara lain juga merayakan Hari Ibu setiap 22 Desember? Jawabnya tidak. Setiap negara memiliki Hari Ibu-nya masing-masing.  Di negara seperti Amerika, Australia, Kanada, Jerman, Italia, Jepang, Belanda, Malaysia, Singapura, Hari Ibu atau Mother’s Day dirayakan setiap hari Minggu di pekan kedua Mei. Sementara di beberapa negara Eropa dan Timur Tengah, Hari Ibu diperingati setiap 8 Maret.jadi semua negara mempunyai hari ibu sendiri sendiri sesuai sejarahnya masing-masing
Di Indonesia, Hari Ibu berawal dari perjuangan para perempuan pada masa penjajahan, di Eropa hari tersebut diilhami dari tradisi memuja Dewi Rhea, istri Dewa Kronos, dan ibu para dewa dalam sejarah Yunani kuno
di Amerika, Australia, Kanada, dan beberapa negara lainnya, Hari Ibu terinspirasi dari perjuangan aktivis sosial Julia Ward Howe yang mencanangkan pentingnya perempuan bersatu melawan perang saudara pada 1870.

Kini seiring berjalanya waktu hari ibu dirayakan untuk menghormati jasa para ibunda ibunda pertiwi dan ibunda keluarga dan mengenang perjuangan perjuangan para wanita indonesia. agi sebagian orang, peringatan dan perayaan dilakukan dengan membebas-tugaskankan ibu dari tugas domestik seperti memasak, merawat anak, dan urusan rumah tangga lainnya.
dan itulah mengapa hari ibu diperingati setiap tanggal 22 desember di seluruh nusantara tercinta ini

No comments