Cara Intall XAMPP di Windows

Pengertian XAMPP

XAMPP merupakan singkatan dari Cross-Platform (X), Apache (A), MySQL (M), PHP (P) dan Perl (P). merupakan web server lokal untuk tujuan pengujian. XAMPP menyediakan semua yang kita butuhkan untuk membuat sebuah web server – server aplikasi (Apache), database (MySQL), dan bahasa scripting (PHP). XAMPP juga cross-platform, yang berarti bisa bekerja sama dengan baik di Linux, Mac dan Windows.

Download Xampp

XAMPP merupakan software open source yang dapat kita dapatkan secara gratis di website resmi dari Apache. Aplikasi ini berukuran lumayan besar sekitar 100 mb lebih jadi sebelum mendowload pastikan kita punya data kuota internet lebih agar download sempuran dan bisa diinstal denagan baik, untuk situs dari apache sendiri bisa klik link dibawah ini


Cara Install XAMPP

1. Non-aktifkan anti-virus (recomended)
2. peringatan tentang User Account Control (UAC) yang aktif pada sistem. Klik “OK” 



3. klik dua kali pada instaler XAMPP. Klik ‘Next’


4. memilih komponen yang ingin kita instal. Pilih pilihan default dan klik ‘Next’.


5. Pilih folder sebagai tempat XAMPP akan diinstal



6. Klik Next dan tunggu . Mungkin memakan waktu beberapa menit. Nanti mungkin kita akan diminta untuk menyetujui akses Firewall untuk komponen tertentu (seperti Apache) selama proses instalasi.



7. instalasi selesai 
8. Buka control panel dari XAMPP


9. Di control panel XAMPP, klik tombol ‘Start’ di bawah tulisan ‘Actions’ untuk modul Apache. Hal ini menginstruksikan XAMPP untuk memulai webserver Apache.
10. Buka browser web dan pada address bar ketik: http://localhost atau 127.0.0.1.

11. Selesai Xampp sudah terinstal dan siap digunakan sebagai web server lokal.







No comments